FRS NEWS

Widarman, Mahasiswa Informatika UTS, Sukses Ikuti Program Studi Independen MSIB di PT Sinergi Transformasi Digital

Studi independen merupakan sebuah tahapan yang dilalui oleh seorang mahasiswa, ada beberapa mahasiswa yang memilih magang di tempat lain dan beberapa program lainnya. di studi independen bersertifikat atau sering di kenal MSIB, kegiatan ini berada di bawa naungan Kemendikbud ristek dimana hampir semua mahasiswa ingin mengikuti kegiatan tersebut, ingin berkarir di MSIB. akan tetapi tidak semua mahasiswa bisa mengikuti kegiatan studi independen karena ada beberapa tahapan tahapan seleksi yang harus dilewati oleh mahasiswa, proses ini yang menjadi tantangan seorang mahasiswa yang harus di lewati.

Mahasiswa harus mampu melewati hal itu agar bisa mengikuti program studi independen yang diadakan oleh Kemendikbud ristek. dan alhamdulillah saya salah satu mahasiswa yang lolos di program MSIB lebih tepatnya di Perusahaan PT Sinergi Transformasi Digital dengan senang hati dan bangga mengikuti program tersebut. selama saya di mengikuti kegiatan studi independent, bukan hanya mengajarkan kita bagaimana menuntut ilmu bagaimana kita bekerja tetapi Saya diajarkan bagaimana dunia teknologi Bagaimana pandangan kita terhadap perkembangan teknologi kedepannya.

dan saya Widarman mahasiswa informatika dari Universitas Teknologi Sumbawa berhasil lolos di studi independent, perusahaan PT Sinergi Transformasi Digital di bawah naungan perusahaan Metrodata Academy. Selama saya melaksanakan kegiatan studi independent, saya ditemani oleh seorang mentor yang sudah ahli di bidang Network Security Operation Center (Cyber Blue Team), dan beberapa teman stupen saya yang dari berbagai macam kampus ada yang dari  pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Sumatera, kami disatukan di sebuah program  studi independen. Walaupun proses belajarnya lewat online akan tetapi itu bukanlah sebuah hambatan untuk mengurangi rasa semangat kami untuk menuntut ilmu selama kami menempuh program studi independent.

Di program ini saya mengambil fokusan bagian Network Security Operation Center (Cyber Blue Team) dan kami diajarkan bagaimana kita kerja tim bagaimana kita menganalisis serangan-serangan dari luar, wawasan wawasan itu ilmu ilmu itu sangatlah menyenangkan, ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya yang khususnya di dunia teknologi sebagai tim cyber security Saya mengucapkan terima kasih kepada mentor dan teman-teman MSIB, kalian sangat luar biasa dalam perjalanan hidup saya kalian sangatlah penting di dalam karir saya karena pertemanan itu akan membuahkan hasil, jika kita bisa berteman dengan baik.

teman-teman yang di sekeliling saya selama di studi independen mereka sangat berkompoten di bidangnya dan sudah berpengalaman, tapi saya tidak merasa minder hanya saja takut di awal awal karena saya baru belajar dasar dasarnya dan baru mengenal teman baru, di sana kita belajar sama-sama bahkan saya sering bertanya sama teman-teman yang lain alhamdulillah rasa syukur nya saya bertemu sama mereka bisa men-support saya mereka bisa membantu saya dalam keadaan apapun dari segi tugas dan lain-lain

sehingga rasa takut itu hilang begitu saja karena  mereka selalu membantu ketika saya kesulitan memahami materi. Saya sangat senang adanya program MSIB ini karena disitu kita diajarkan profesionalitas dalam bekerja. kita dalam dunia kerja profesionalitas harus di utamakan dan di terapkan agar pekerjaan bisa tersusun rapih dan berjalan sesuai dengan harapan

program studi independen ini tentunya sangat bermanfaat bagi Indonesia khususnya masa depan anak muda, mahasiswa Indonesia. saya sangat tertarik dengan hal ini karena kemampuan dan skill saya bisa di asah khususnya di bidang teknologi keamanan system maupun jaringan. saya mengambil pelajaran bahwa sannya dunia teknologi itu tidaklah hanya sebuah sosial media yang sering kita gunakan ada Instagram Facebook dan lain-lain bukan saja itu akan tetapi di dalam Facebook Instagram WhatsApp dan lain-lain itu memiliki keamanan keamanan  penting yang kita harus pelajari bagi seorang Network Security.

Alhamdulillah selama saya di program MSIB di PT Sinergi Transformasi digital Itu sangatlah bermanfaat bagi perjalan kampus saya. Dan saya ucapkan terima kasih pada mentor-mentor saya. kepada teman-teman saya dan kepada seluruh yang menyelenggarakan program msib ini atau studi independen harapannya program ini tetap dilanjutkan agar semua mahasiswa Indonesia bisa meraih mimpi-mimpinya bisa mengasah skilnya bisa meraih apa yang mereka inginkan untuk masa depan nya

perjalanan mysterious ini bukan akhir perjalanan. Tapi ini adalah langkah awal saya untuk terus melakukan inovasi inovasi baru untuk terus berkarya untuk terus menggali ilmu. karena menuntut ilmu bukan tentang soal usia tetapi tentang soal kemauan diri untuk menjadi orang-orang yang bermanfaat di sekitar kita.

Share Now