FRS NEWS

Menjelajahi Dunia Pembubutan di PT.Rezza Usaha Mandiri (PT.RUM): Pengalaman Magang yang Mengasah Keterampilan dan Pengetahuan

Magang Intership merupakan salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan di dunia industri. Hal ini terbukti melalui pengalaman saya magang di PT. Rezza Usaha Mandiri, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan fabrikasi.

Bukan hanya teori, magang di PT.RUM mendapatkan kesempatan untuk mempelajari berbagai aspek pembubutan, mulai dari pengenalan mesin bubut, jenis-jenis alat potong, teknik pembubutan yang presisi serta praktik langsung. Di bawah bimbingan para ahli, pemagang belajar bagaimana mengoperasikan mesin bubut dengan aman dan benar. Selain itu juga dilibatkan dalam pembuatan berbagai produk baut, mur,lock songket impact, radius pipa dan sebagainya.

Adapun dokumentasi proses magang di bagian pembubutan PT.RUM dapat dilihat sebagai berikut:

Bekerja di bengkel bubut selalu memikat para pecinta mesin dan manufaktur. Suara mesin yang berdengung, logam yang terukir, dan kepuasan melihat benda mentah menjadi produk presisi, semua ini merupakan daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin mengasah keterampilan dan pengetahuan di bidang pembubutan.

Magang di bagian pembubutan menjadi pintu gerbang untuk memasuki dunia manufaktur yang penuh dengan peluang dan tantangan. Bagi para pelajar atau pemula yang ingin meniti karir di bidang ini, magang merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan pengalaman langsung dan belajar dari para profesional.

Bukan hanya tentang memutar dan memotong logam, magang di bagian pembubutan membuka gerbang pengetahuan dan keterampilan yang luas. Selama magang, dapat mempelajari berbagai aspek penting dalam pembubutan, seperti:

  1. Memahami cara kerja mesin bubut, berbagai jenis mesin bubut, jenis-jenis pahat bubut yang terdiri dari pahat rata, sisi/muka, potong, alur, champer, ulir, bubut luar, bubut dalam, kasar, finishing dan lain-lain serta cara mengoperasikannya dengan aman dan efisien.
  2. Mempelajari berbagai teknik pembubutan, seperti facing, turning, boring, threading, dan grooving.
  3. Memahami jenis-jenis alat potong yang digunakan dalam pembubutan, cara memilih alat yang tepat, dan cara mengasahnya dengan benar.
  4. Memahami pentingnya pengukuran dan toleransi dalam pembubutan, serta cara menggunakan alat ukur yang tepat salah satunya jangka sorong.
  5. Mempelajari dan menerapkan prosedur keselamatan kerja yang penting di bengkel bubut.

 

Magang di bagian pembubutan bukan hanya tentang belajar, tapi juga tentang menuai manfaat. Adapun manfaat bagi para pemagang, di antaranya:

  1. Mendapatkan pengalaman langsung bekerja di bengkel bubut dan mengoperasikan mesin bubut.
  2. Mempelajari berbagai teknik pembubutan dan cara mengaplikasikannya dalam situasi yang nyata.
  3. Meningkatkan keterampilan tangan dan kemampuan memecahkan masalah.
  4. Membangun koneksi dengan para profesional di bidang manufaktur dan membuka peluang kerja di masa depan.

 

Berikut beberapa tips untuk sukses dalam magang di bagian pembubutan:

  1. Buktikan kepada pembimbing bahwa anda memiliki minat yang besar dalam bidang pembubutan dan ingin belajar banyak selama magang.
  2. Jangan ragu untuk bertanya kepada pembimbing atau staf bengkel jika anda tidak memahami sesuatu.
  3. Patuhi peraturan dan jam kerja di bengkel bubut.
  4. Menjaga kebersihan dan kerapian area kerja merupakan hal yang penting dalam bengkel bubut.
  5. Bekerja sama dengan baik dengan anggota tim lain untuk menyelesaikan tugas dengan efisien.

 

  • Kesimpulan

Magang di bagian pembubutan merupakan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa dan pemula yang ingin meniti karir di bidang manufaktur terutama dibidang machining. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, mahasiswa dapat memaksimalkan pengalaman magang dan membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Share Now