FRS NEWS

UTS Terpilih Ikuti GFF, Siap Berkontribusi Wujudkan Transisi Energi Dunia

SUMBAWA – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terpilih untuk mengikuti Global Future Fellows (GFF). GFF 2022 merupakan kegiatan fellowship jangka pendek yang diikuti oleh 36 pemimpin terpilih dari sektor publik, BUMN, privat, akademisi dan komunitas masyarakat di Indonesia. GFF merupakan program yang digerakkan oleh Pijar Foundation. GFF ialah program strategis dalam rangka menghadapi tren dan peluang masa depan terkait transisi energi.

Dari 1000 aplikan, Nova Ariyanto, S.T., M.M.Inov Dosen Teknik Elektro UTS yang juga merupakan anggota StarUp Energy Bersih Olat Maras Power UTS. Ia terpilih sebagai salah satu fellows dari bidang akademisi. “Output kegiatan ini untuk memberikan relief atau kebijakan terhadap proses Transisi Energy Global action plan Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim,” jelas Nova, Rabu (28/9/2022).

Saat ini Nova akrab Ia disapa, tengah mengikuti program residensi tahap 1 kegiatan GFF 2022 yang berlangsung di Bali. Tahap 2 akan diikuti di sesi diskusi virtual pada 11 Oktober 2022 mendatang. Sementara tahap 3 atau tahapan akhir program yaitu Final FGD pada 19 Oktober 2022 di Jakarta.

GFF dipandang bisa membuka ‘link’ daerah ini untuk ambil andil dalam mensupport kebijakan perubahan iklim dunia. Indonesia sendiri memiliki 23 persen komitmen transisi energi terbarukan dalam bauran energi nasional pada tahun 2025 dan 31 persen pada tahun 2050.

Untuk itu diperlukan kerja bersama berbagai pihak untuk mewujudkan hal ini. “Ini langkah jitu dalam menyebar luaskan spirit transisi energi baru terbarukan, semua kita bisa memberikan kontribusi walau kecil. Semoga Olat Maras Power bisa menjadi pelopor,” ucap Rektor UTS Chairul Hudaya Ph.D sembari mengucapkan selamat untuk Nova.

Share Now