FRS NEWS

Pengalaman Berharga Mahasiswa UTS dalam Program Internship di Dunia Kerja PLN UP3 Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyediakan Program MBKM, salah satunya adalah UTS Intership atau kegiatan magang bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di luar kelas. Program ini bertujuan menambah pengalaman, wawasan, dan  membentuk kompetensi yang menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, menguasai dan memperluas skill yang bisa didapat lewat pengalaman kegiatan magang.

Linda Azzahratun Jannah mahasiswa semester enam prodi Informatika, Universitas Teknologi Sumbawa telah menyelesaikan magang di Kantor PLN UP3 Sumbawa. Magang yang ia jalani selama 101 hari kerja dimulai tanggal 18 September 2023 hingga 28 Desember 2023 tersebut diberikan tanggungjawab pada Divisi Manbag Jaringan penempatan di K3L (Kebijakan Sistem Manajemen Terpusat Mutu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Keamanan Serta Lingkungan), yang bertugas untuk Mengelola kegiatan pembangkitan, transmisi, pendistribusian tenaga listrik, dll.

“Ditempatkannya saya di dibagian K3L ini sangat menambah pengalaman yang berharga terkait dunia kerja, keamanan kerja, serta teknis bagaimana pekerjaan itu berlangsung. Saya cukup banyak belajar dari pengalaman tersebut, mulai dari ketepatan untuk mengurus dokumen atau berkas, ketelitian dan pengetahuan untuk memeriksa alat keselamatan kerja dan saya juga sangat senang ketika diberikan kesempatan untuk memeriksa gardu utama, dan yang terakhir disiplin dan tanggung jawab.”

Linda mengaku jika banyak kegiatan yang tidak mudah untuk diikuti, namun itu adalah tantangan baginya. “Memeriksa berkas dan dokumen, kemudian mengembangkan aplikasi Inspekta dan Listrik Pintar harus punya tingkat ketelitian yang pas, kalau salah sedikit, bisa fatal jadinya, tapi cukup seru karena saya mendapatkan banyak pengalaman baru, terutama soal format dokumen, bagaimana cara mengurus dokumen, kemudian mengurus hosting dan masih banyak lagi pengalaman yang saya dapatkan selama kegiatan magang ini berlangsung.”

Menjalani internship sebagai bagian dari proses akademik menjadikan Linda menjajaki iklim kerja yang diharapkan menjadi bekal nanti. “Terimakasih kepada kampus yang sudah memberikan arahan dan kesempatan belajar, terima kasih terhadap senior di K3L yang telah membimbing saya dengan sabar, saya juga mengucapkan banyak terima kasih juga terhadap Pak Ganda dan Pak Galih selaku Mentor saya, selama magang di kantor PLN UP3 Sumbawa.”

Share Now