FRS NEWS

Magang di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar: Kontribusi Mahasiswa UTS dalam Program MBKM

Sumbawa – Universitas Teknologi Sumbawa  menyediakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) salah satunya ialah Magang / UTS INTERSHIP merupakan sebuah program /praktik kerja yang di  tempuh oleh mahasiswa semester 5, dengan konversi 20 SKS/Semester ekuivalen 14 minggu atau 3 bulan. Program ini bentuk kerja sama Universitas Teknologi Sumbawa dengan instansi/Perusahaan agar dapat memberikan pembelajaran mandiri bagi mahasiswa, dan menambah pengalaman untuk mengembangkan potensi yang dimiliki pada dunia kerja dan lapangan.

Shindyka Syalu Qanita, Jelita Trisyawidia, dan Dindi Safitri mahasiwa semester 5 program studi Informatika, Fakultas Rekayasa Sistem, Universitas Teknologi Sumbawa telah menyelesaikan magang di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1B. Magang yang di jalani selama 70 hari kerja(14 minggu) dimulai pada tanggal 18 September 2023 sampai dengan 29 Desember 2023.

Mahasiwa magang/UTS Internship  ditempatkan pada sub bagian kepaniteraan pidana dan perdata dengan rincian kegiatan, pada divisi pidana membantu pencatatan pada buku register perkara lalu lintas, barang bukti, penahanan, persetujuan / izin penyitaan, tindak pidana ringan, perkara pidana biasa, perkara pidana anak, membantu membuat putusan tilang daerah, membantu membuat berita acara sidang. Pada divisi Perdata membantu pencatatan register perkara gugatan, gugatan sederhana, permohonan, banding, membantu penginputan data pada SIPP(Sistem Informasi Penelusuran Perkara), Mahasiswa maagang juga membantu pada divisi PTIP dengan rincian kegiatan desain pamflate ucapan, membuat cover laporan, upload berita acara pada website Pengadilan Negeri Sumbawa Besar.

Program MBKM Magang / UTS Intership dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan serta siap bersaing dalam kompetisi global .

Mahasiswa magang melaksanakan program MBKM dalam pengawasan Dosen Pembimbing lapangan dan supervisor/mentor Perusahaan yang akan membantu terkait kendala atau permasalahan yang terjadi pada Perusahaan juga sebagai konsultan mengenai kegiatan pada Perusahaan atau instansi.

– Shindyka Syalu Qanita (211001013) Mahasiswa Informatika

– Dindi Safitri (211001031) Mahasiswa Informatika

– Jelita Trisyawidia (211001015) Mahasiswa Informatika

Share Now