FRS NEWS

MAHASISWA INFORMATIKA UTS INI BERHASIL MENYELESAIKAN PROGRAM MBKM UTS INTERSHIP DI PT. WADU BURA JAYA DOMPU NUSA TENGGARA BARAT, DENGAN PENUH PENGALAMAN.

UTS Internship atau UTS magang merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Universitas Teknologi Sumbawa. Magang ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang aktivitas yang terjadi dalam industri atau Perusahaan dan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dari materi perkuliahan.

Julianingsih (20), seorang mahasiswa program studi Informatika Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa, telah mamutuskan untuk mengambil program tersebut dan memilih magang di salah satu PT. yaitu PT. Wadu Bura Jaya kabupaten Dompu. Hal tersebut ia lakukan seorang diri karena merasa bisa meng-handle semua yang akan ditugaskan kepadanya. “Semua bahkan akan sangat mudah jika dilakukan seorang diri”, ucapnya sebelum mulai masuk magang.

PT.Wadu Bura Jaya, berdiri sebagai sebuah perusahaan dengan fokus di bidang kontruksi, perusahaan kami menawarkan kerja sama dengan berbagai perusahaan nasional maupun instansi pemerintah pada berbagai bentuk pekerjaan sesuwai dengan keahlian perusahaan kami

Pada pelaksanaan magang, penulis ditempakan di bidang Adminitrasi HR. Bidang ini memiliki tanggung jawab untuk mengurus data-data berserta membuat time line, dan Penginputan data.

Pada pelaksaannya, Uli ditugaskan untuk megelolah data dan berkas dari proyek tree cutting dan rehabilitas. Salah satu jenis tugas yang diberikan adalah membuat rekapan atau menginput data dari berkas Proyek tree cutting yang telah dikerjakan oleh staf-staf PT. Wadu Bura Jaya.

Uli merasa tugas yang ditugaskan kepadanya cukup sesuai dengan apa yang ia pelajari di kampus  yaitu pada matakuliah basis data. Ia merenangkan, ”Tugas yang diberikan oleh mentor di tempat magang Uli mirip seperti apa yang diajarkan di kampus pada matakuliah database/basis data yaitu tentang mengelolah data secara digital. Yang membedakan tugas di kampus dan di tempat saya magang adalah lokasi datanya penginputan data nya, cara validasi datanya, dan pengelolaannya, dan di tempat magang dikelolah di aplikasi Microsoft excel sedangkan pada matakuliah basis data di kelolah pada local server”

Dan ada juga pengalaman pengalaman baru yang saya pelajari di tempat magang saya mulai dari cara kerja Tree cutting, Rehabilitas dan Pengelolaan website.

Dari semua yang telah di alami selama magang di PT. Wadu Bura Jaya Dompu NTB, begitu banyak pengalaman yang tidak dapat dilupakan dan Pelajaran berharga yang diterima begitu banyak. Saya selaku penulis sangat berterima kasih kepada pihak penyelengara UTS Internship dan pihak PT. Wadu Bura Jaya yang telah memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan belajar di luar kampus agar mahasiswa lebih mengenal aktivitas di dunia industry dan aktivitas pelayanan Masyarakat secara mendalam dan nyata terjadi di lapangan.

Terima kasih terkhusus keluarga besar PT. Wadu Bura Jaya yang telah memberikan nasehat yang sangat berharga terkait dunia Pertambangan, dan pengelolaan data beserta penginputan data.

Share Now