FRS NEWS

Mahasiswa Informatika Praktik Kerja di DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa

Sumbawa – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menghadirkan Program MBKM, salah satunya adalah UTS Internship atau kegiatan magang bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di dalam kelas ke lingkungan kerja. Program magang ini bertujuan untuk menambah pengalaman, wawasan, dan  membentuk kopentensi yang menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, serta memiliki skill yang dapat di banggakan.

Jody Sabda Pratama, Tegar Rasya Pratama, M. Taruna Fitrah Ramdhani merupakan mahasiswa semester lima prodi informatika Fakultas Rekayasa Sistem, Universitas Teknologi Sumbawa melaksanakan magang di DP2KBP3A (Dinas pengendalian penduduk keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak) yang berlokasi di Jl.Durian no. 75 Sumbawa Besar. Mereka melaksanakan magang dimulai dari tanggal 18 September 2023 hingga 29 Desember 2023 diberikan tugas dan tanggung jawab di masing – masing bidang yang berbeda. Contohnya pada bidang KB (Keluarga Berencana) Jody diberikan tugas dan tanggung jawab seperti membuat daftar hadir peserta kegiatan edukasi, membuat SPPD (Surat Perjalanan Dinas), membuat surat tugas dan masih banyak lagi. Pada bidang sekretariat Dhani di beri tugas dan tanggung jawab seperti Print file,edit dan input data,fotocopy file,dan menulis agenda surat masuk. Sementara pada bidang Dalduk Tegar diberi tugas dan tanggung jawab seperti membantu dalam pemberkasan kantor, membantu dalam pembuatan jadwal kegiatan dan menginfokan pergerakan tahun 2023, ikut serta dalam kegiatan rapat pertemuan aksi 3 tentang Stunting, dan perapian absen berbagai macam kegiatan.

Jody mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang sama sekali belum pernah di pelajari di perkuliahan, namun bukan berarti menjadi sebuah hambatan melainkan menjadi tantangan yang menarik untuk dipelari. “Banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapatkan selama melaksanakan magang di DP2KBP3A terutama dalam disiplin dan ketepatan waktu dimana saya harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan mentor, berinteraksi dengan rekan-rekan kerja dalam menyelesaikan tugas serta ikut serta dalam BKB KIT Stunting ke beberapa kecamatan di kabupaten Sumbawa” ucap Jody

Dhani berpendapat bahwa Magang merupakan tempat untuk mencari pengalaman yang berharga. “Magang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman serta pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya percaya magang dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari memperluas jaringan kominikasi hingga memungkinkan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dipelajari di kampus ke dalam situasi dunia nyata”

 “Bagi saya setiap kegiatan atau aktivitas yang saya jalani selama melaksanakan magang adalah tangga menuju keberhasilan. Menjalani hari-hari yang penuh susah dan duka memang terasa sangat menyulitkan tapi dibalik itu saya percaya ada kesuksesan yang menanti” jelas Tegar

  1. Jody Sabda Pratama (211001054)
  2. M Taruna Fitrah Ramdhani (211001058)
  3. Tegar Rasya Pratama (211001059)

Share Now