FRS NEWS

Pengalaman Magang Di PT DOK Dan Perkapalan Air Kantung Galangan Lombok

Sumbawa, 18 Desember 2023. Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyediakan program MBKM, salah satu adalah UTS Intership atau kegiatan magang bagi mahasiswa agar mengimplemesntasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di luar kelas. Program ini bertujuan menambah pengalaman, wawasan, dan membentuk kompetensi yang menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, menguasai dan meperluas skiil.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, yaitu Nilam Juniartawiduri, Muhammad Irhad Gunawan, Firnanda Zainal Abidin dan Jasmin, sedang melaksanakan magang selama 100 Hari di PT DOK dan perkapalan air kantung cabang Lombok.

PT DOK dan Perkapalan Air Kantung adalah Anak Perusahaan dari PT Timah Tbk, anggota dari MIND ID (Mining Industri Indonesia) dan BUMN Holding Industri Pertambangan, merupakan perusahaan galangan kapal yang bergerak dalam bidang Ship Repair, Ship Building, Docking dan Repair Engineering, Construction, Ship Equipment Supplies dengan spesialisasi dalam Pembuatan Kapal antara lain Tug Boat maupun Barge, Kapal Isap, Cargo, Kapal Bor, Kapal Patroli yang berbahan Aluminium, dan lain-lain.

Dalam pelaksanaan kegiatan magang selama 100 hari terhitung dimulai pada tanggal 18 September hingga 28 Desember 2023, mahasiswa mendapatkan tugas dan juga pengalaman kerja dari docking sampai dengan undocking kapal. Selama magang mahasiswa juga berpartisipasi dalam pengerjaan kapal terutama saat melakukan realisasi pengukuran pada rantai jangkar, pengukuran pada plat, dan analisis kualitas kawat las.

“Dengan adanya kegiatan magang ini, kami selaku peserta magang berterima kasih kepada PT dok dan perkapalan air kantung cabang lombok yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk melaksanakan kegiatan magang sehingga kami mendapatkan banyak pengalaman yang bermanfaat di dunia kerja nanti. Kegiatan magang ini sangat menyenangkan karena para mentor dan karyawan yang selalu ramah dan sabar dalam memberikan ilmu dan arahan selama kegiatan magang berlangsung.” Ujar Nilam.

Share Now