FRS NEWS

Mahasiswa Teknis Mesin di PT Pelindo Badas

Sumbawa, 18 Desember 2023. Miftahul Rizki dan Rido Rahmatullah Mahasiswa Teknik Mesin 2021 mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan program yang di terapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dimana program diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang telah dirancang dengan sistematis dan baik yang menggunakan sistem penggantian mata kuliah setara 20 sks, difokuskan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman baru baik secara hard skill dan soft skill dengan tuntutan industri saat ini, program MBKM dapat membantu perguruan tinggi menghasilkan lulusan yang terbaik nantinya.

Salah satu Program MBKM yang diinisiasi oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yaitu UTS Magang. Melalui program ini, mahasiswa didorong untuk mengikuti magang bersama mitra atau instansi selama 10-14 minggu. Kegiatan magang ini dilaksanakan di tempat instansi/mitra yang sudah bekerjasama dengan UTS ataupun yang belum bekerjasama dengan UTS.

Sebagai salah satu mahasiswa program studi Teknik Mesin Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa, Miftahul juga mendapatkan bagian untuk ikut dalam kegiatan MBKM yang merupakan program wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Kegiatan magang ini ikuti sejak semester 5 dan diampuh oleh seorang dosen pembimbing lapangan. Kegiatan MBKM sebagai bentuk penguatan terhadap hard sklill yang mutlak harus dikuasai oleh seorang mahasiswa ke teknikan.

Program MBKM kali ini Miftahul ditempatkan di PT Pelindo Badas, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan terpadu dalam menangani layanan barang, menggunakan fasilitas dermaga sebagai tempat kapal untuk ditambatkan atau merapat dalam melakukan kegiatan bongkar muat barang dan penumpang kapal.

Selama periode magang dari tanggal 18 September hingga 29 Desember 2023, Miftahul menjalani serangkaian kegiatan rutin yang meliputi: penyuluhan tiap bulan, perawatan peralatan berat Rest Tracker, serta kegiatan operasional dan rekapitulasi data container.  Bongkar muat. Perawatan Rest Tracker alat berat merupakan bagian integral dari tanggung jawab, menekankan pentingnya pemeliharaan dan fungsionalitas optimal peralatan yang gunakan. Selain itu, miftahul terlibat aktif dalam operasional sehari-hari, mencakup berbagai aspek dari proses logistik termasuk bongkar muat kontainer. Hal ini memberi pengalaman langsung dalam menjalankan tugas-tugas operasional di lapangan. Selain itu, juga ditugaskan untuk mendesain dan membuat alat tangga MFO (Marine Fuel oil) sebagai alat untuk mempermudah mobilitas dan pemindahan minyak dari kapal ke tangki penyimpanan.

Foto saat penggantian oli Rest Stacker

Foto pada saat percobaan Grain Pam

Foto pengisian bahan bakar pada Mesin Rest Stacker alat berat

Foto pendataan bongkar muat contener

“Secara keseluruhan, pengalaman magang memperkaya pemahaman kami tentang industri ini dan mempersiapkan kami untuk tantangan di masa depan. Untuk itu, kami sangat berterimakasih kepada kampus yang telah memberikan arahan dan kesempatan belajar, kepada para senior di PT Pelindo Badas yang telah membimbing kami dengan sabar.” Ujar Miftahul Rizki

Share Now