FRS NEWS

Tim Smart Home Jamur Tiram P2MW Lolos ke EXPO KMI Award 2023

Tim “Smart Home Jamur Tiram,” yang sebelumnya meraih sukses dalam Program Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah (P2MW), telah meraih tiket emas untuk mengikuti kompetisi prestisius EXPO Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang akan dilaksanakan pada 15-17 November 2023. Prestasi luar biasa ini mempertegas peran mereka sebagai inovator di bidang teknologi terapan yang berdampak positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tim “Smart Home Jamur Tiram,” yang terdiri dari mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa yang diketuai oleh Arjuna Satriawansyah (Teknik Elektro) yang beranggotakan Arsyla Amulillah (Teknik Sipil), Sulastri (Informatika), Armelia Puspitasari (manajemen), dan Andini Wulandari (Informatika) dengan bimbingan dari Paris Ali Topan, S.T., M.Eng., menciptakan solusi revolusioner yang berfokus pada budidaya jamur tiram menggunakan teknologi terkini. Dalam proyek mereka, tim tersebut merancang “Smart Home Jamur Tiram,” sebuah alat berbasis teknologi yang mengontrol dan memantau suhu serta kelembaban ruangan untuk optimalitas pertumbuhan jamur tiram.

Penggunaan teknologi inovatif ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM di Indonesia meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam budidaya jamur tiram, yang kaya gizi dan memiliki permintaan pasar yang tinggi. Kemampuan mereka untuk mengintegrasikan teknologi terbaru dengan budidaya jamur tiram adalah contoh luar biasa bagaimana pendidikan, teknologi, dan kewirausahaan bisa berkombinasi untuk menciptakan solusi berdampak sosial.

Ini adalah kesempatan luar biasa bagi tim Arjuna Satriawansyah dan rekan-rekannya untuk memamerkan produk inovatif mereka. KMI Expo XIV 2023 akan menjadi panggung utama bagi tim Arjuna yang akan menghadiri serangkaian acara menarik. Acara tersebut mencakup:

  1. Pameran/Gelar Produk Kelompok Usaha Mahasiswa P2MW: Tim Arjuna akan bergabung dengan berbagai kelompok usaha mahasiswa P2MW, UMKM, masyarakat, dan sponsor yang telah ditetapkan oleh panitia. Ini adalah kesempatan untuk memamerkan produk inovatif mereka kepada khalayak yang lebih luas.
  2. KMI Award: Sebuah ajang apresiasi dan penghargaan kepada usaha mahasiswa pelaksana P2MW 2023 yang telah melalui seleksi ketat. Tim Smart Home Jamur Tiram akan bersaing untuk meraih penghargaan yang bergengsi ini.
  3. Seminar Kewirausahaan: Dalam seminar ini, tim Arjuna akan mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan narasumber dan pakar kewirausahaan. Ini adalah kesempatan emas untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka tentang dunia kewirausahaan.
  4. Pendamping Wirausaha Terbaik: Penghargaan ini diberikan kepada dosen, praktisi, atau mentor terbaik dalam pelaksanaan pendampingan dan mentoring kepada mahasiswa P2MW. Tim Arjuna akan turut berpartisipasi dalam pemberian apresiasi ini.
  5. Sarasehan: KMI Expo XIV 2023 akan menampilkan tiga kegiatan sarasehan yang mencakup berbagai topik seperti kepemimpinan PT bidang kemahasiswaan, pendampingan dan pengelolaan kewirausahaan PT, serta PMWI (Pemberdayaan Mahasiswa Wirausaha Indonesia).
  6. Business Matching: Business Matching akan menjadi kesempatan bagi seluruh peserta KMI Expo XIV 2023, termasuk Tim Smart Home Jamur Tiram, untuk memaparkan produk-produk mereka kepada pengusaha dan mitra pemangku kepentingan lainnya, sesuai dengan bidang yang terdapat pada kategori usaha P2MW.

 

Mengomentari prestasi ini, Mietra Anggara, S.T., M.T. Dekan Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa mengatakan, “Kami bangga dengan pencapaian luar biasa Tim Smart Home Jamur Tiram dalam merancang solusi inovatif yang mampu menguntungkan masyarakat dan dunia usaha. Keikutsertaan mereka di EXPO KMI Award adalah tonggak penting dalam perjalanan mereka, dan kami berharap mereka dapat terus menginspirasi dengan kreativitas mereka dan mendapatkan pernghargaan di KMI Award mendatang.”

Tim “Smart Home Jamur Tiram” siap menjalani persaingan ketat di EXPO KMI Award, dan prestasi mereka hingga saat ini menjadi sumber inspirasi bagi para inovator di seluruh negeri.

Share Now