FRS NEWS

Gemilangnya NTB Youth Science Camp (YSC) Membara Semangat Sains, Teknologi, dan Robotik di Nusa Tenggara Barat

Berlangsung selama empat hari penuh, NTB Youth Science Camp (YSC) yang diselenggarakan oleh BRIDA NTB dan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia telah berhasil menyemarakkan semangat belajar sains, teknologi, dan rekayasa robotik di kalangan pelajar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 24 Juli hingga Kamis, 27 Juli 2023, ini diikuti oleh 150 peserta berbakat dari berbagai sekolah menengah di NTB.

Kegiatan yang diselenggarakan di Mataram, penyelenggara membagi peserta menjadi empat kelas yang masing-masing menghadirkan materi yang menarik dan mendalam di bidangnya. Kelas-kelas tersebut terdiri dari, Drobotik, Robo Maker A & B, dan Mikrokontroller A & B.

Para peserta yang antusias dan bersemangat itu berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari siswa SMP hingga SMA/SMK. Mereka didampingi oleh instruktur terampil dari Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, yang memberikan wawasan mendalam dan pengetahuan terbaru di bidang sains dan teknologi.

Tidak hanya peserta, para pendamping dan voluntir dari beberapa kampus di NTB juga turut berperan penting dalam kesuksesan acara ini. Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Universitas Mataram, dan Institut Teknologi Lombok (ITL) dengan sukarela mengutus beberapa mahasiswa mereka untuk menjadi instruktur pendamping di setiap kelas. Dari Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), ada empat mahasiswa teknik elektro yang dengan penuh semangat menjadi voluntir, yaitu Arjuna Satriawansyah, Tohar Ahmad Hasibuan, Ario Banjardana, dan Yogi Febriansyah.

Dari perwakilan UTS Arjuna menyampaikan sangat senang ikut berbagi ilmu dalam kegiatan YSC.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena selain kita dapat berbagi ilmu dengan peserta kita juga bisa mendapatkaan ilmu dari instruktur yang ekspert dibidanng IoT dan robotik, harapannya sya semoga kegiatan ini bisa di buat juga oleh ORMAWA UTS khususnya ormawa FRS sebagai trobosan baru untuk memeperkenalkan kemajuan teknologi.” Ujar Arjuna.

Acara penutupan NTB Youth Science Camp (YSC) diisi dengan pameran hasil karya peserta dari masing-masing kelas. Pameran tersebut menunjukkan sejauh mana peserta telah menguasai materi yang telah diajarkan dan memberikan inspirasi bagi mereka untuk terus mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang sains, teknologi, dan rekayasa robotik.

Diharapkan bahwa keberhasilan NTB Youth Science Camp (YSC) ini akan menjadi momentum untuk menggelorakan semangat keilmuan di kalangan pelajar NTB dan membantu mencetak generasi muda yang berkualitas di bidang sains dan teknologi.

Share Now