FRS NEWS

Tingkatkan Mutu dan Metode Pembelajaran, Program Studi Elektro UTS Hadirkan Profesor dari UGM

Sumbawa Besar, 4 Agustus 2023 – Program Studi Elektro Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) telah sukses menggelar Pelatihan Assessment Pembelajaran pada Kamis, 3 Agustus 2023. Acara yang diadakan di Gedung STP Universitas Teknologi Sumbawa ini bertujuan untuk meningkatkan mutu, metode, dan rubrik pembelajaran guna menghadapi tantangan pendidikan di era modern.

Kegiatan ini merupakan bagian dari skema Lokakarya pada Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Pertama. Pelatihan ini dihadiri oleh para dosen dan staf pengajar dari Program Studi Elektro serta beberapa peserta dari berbagai stakeholder Fakultas Rekayasa Sistem.

Sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Mitrayana, S.Si., M.Si, seorang Guru Besar dari Universitas Gajah Mada dan juga merupakan Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), memberikan wawasan dan pandangan dalam pengembangan assessment pembelajaran. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UTS, Dwi Ariyanti, Ph.D., menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya UTS untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.

Pembukaan acara ini dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Rekayasa Sistem, Mietra Anggara, ST., MT., dan moderasi oleh Kaprodi Elektro, Indra Darmawansyah ST., M.Eng.

“Hasil dari penilaian dan survey kepada mahasiswa masih kurang. Karena itu kami melaksanakan kegiatan Lokakarya Assesment Pembelajaran, untuk mendapatkan data atau informasi mengenai hasil dan pembelajaran berupa nilai dan rubrik. Hal ini akan berdampak langsung kepada peningkatan akreditasi, mutu, metode dan rubrik yang akan diterapkan. Serta menambah pengetahuan baru dari narasumber Prof. Dr. Mitrayana, S.Si., M.Si,” ujar Kaprodi Elektro UTS, Indra Darmawansyah ST., M.Eng.

Acara ini direncanakan akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu melalui metode tatap muka (luring) pada Kamis, 24 Agustus 2023, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi daring untuk proses Assessment. Seluruh stakeholder Fakultas Rekayasa Sistem turut hadir dalam acara ini dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dan memperkuat hubungan antar sejawat guna mendukung kualitas mutu, metode, dan rubrik dalam proses pembelajaran.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Program Studi Elektro UTS dapat terus berkembang dan memberikan pendidikan yang lebih baik serta relevan dengan kebutuhan zaman. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat bekerja sama dalam mewujudkan visi pendidikan yang unggul dan inovatif di Universitas Teknologi Sumbawa.

Share Now