FRS NEWS

Widiarta Dosen Informatika UTS Mendapatkan 2 Sertifikasi dari Mikrotik

Sumbawa, 6 Mei 2023 – Integrasi Data Nusantara (IDN) dan Mikrotik bekerja sama untuk menyelenggarakan sertifikasi Mikrotik Level 1 (MTCNA) dan Level 2 (MTCRE) di Jakarta pada tanggal 1-5 Mei 2023. Acara sertifikasi ini diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Dosen Informatika UTS dan Direktur Direktorat Sistem Teknologi dan Informasi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), I Made Widiarta, S.Kom., M.M.Inov.

Mikrotik adalah sebuah perusahaan asal Latvia yang memiliki produk Routerboard dan RouterOS. Saat ini, pengguna Mikrotik berkembang pesat di seluruh dunia sesuai dengan misinya yaitu “Routing the World”. Seiring dengan minat terhadap Mikrotik, tentu harus didukung oleh Engineer yang berkualitas. Namun, kenyataannya di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) masih jarang Engineer yang memiliki sertifikasi di bidang tersebut.

Hal ini memotivasi untuk bisa melahirkan SDM yang berkualitas, yang mampu memiliki sertifikasi level internasional. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi Mikrotik Level 1 (MTCNA) dan sertifikasi Mikrotik Level 2 (MTCRE). Melalui sertifikasi ini, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) berhasil memenuhi syarat untuk dapat memegang lisensi dari Mikrotik Academy.

“Saya sangat senang dapat mengikuti sertifikasi Mikrotik Level 1 (MTCNA) dan Level 2 (MTCRE) bersama dengan Mikrotik. Hal ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara internasional, dan juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dan Kalau dari sisi kemampuan, teman-teman di daerah saya kira tidak kalah dengan teman-teman yg dari Ibu Kota.,” ujar Widi

Sertifikasi Mikrotik Level 1 (MTCNA) dan Level 2 (MTCRE) ini dianggap sangat penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konfigurasi, manajemen, dan troubleshooting pada perangkat Mikrotik. Dalam acara sertifikasi ini, peserta diajarkan tentang penggunaan Mikrotik RouterOS dan Routerboard untuk mengoptimalkan jaringan.

Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang desain dan konfigurasi jaringan nirkabel dengan menggunakan perangkat Mikrotik. Hal ini sangat penting karena jaringan nirkabel saat ini semakin populer dan banyak digunakan di berbagai sektor.

“Kami sangat berterima kasih kepada Integrasi Data Nusantara dan Mikrotik atas kesempatan ini. Sertifikasi Mikrotik Level 1 (MTCNA) dan Level 2 (MTCRE) ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pengajar di Universitas Teknologi Sumbawa. Kami berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknologi”. Ujar Widi Kembali.

 

Share Now