FRS NEWS

Dosen Informatika Fakultas Rekayasa Sistem UTS Shinta Esabella peraih dana hibah Indonesiana 2022

SUMBAWA – Dosen Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) meraih dana hibah Indonesiana 2022.Peraih dana hibah Indonesiana 2022 ini adalah Shinta Esabella, S.T.,M.TI, Dosen Program Studi Informatika Fakultas Rekayasa Sistem UTS.

Dana hibah Indonesiana 2022 merupakan Dana Abadi Kebudayaan yang mendukung pemajuan kebudayaan Indonesia secara stabil dan berkelanjutan. Dana Indonesiana oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Shinta adalah pengusul Program Dana Indonesiana Tahun 2022 untuk program Penciptaan Karya Kreatif Inovatif (PKKI). Dalam program PKKI, Shinta mengangkat judul “Media Literasi Berbasis Aplikasi Smartphone Android dalam Mengenalkan Kebudayaan Sumbawa Kepada Penyandang Disabilitas Netra”.Ia bermaksud menghasilkan aplikasi untuk memenuhi hak kebudayaan bagi penyandang disabilitas netra.

Sehingga mereka memperoleh kesamaan dan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan seni dan budaya di Kabupaten Sumbawa.

Proposal yang diusulkan telah bersaing dengan 5000 proposal se Indonesia.

Kini, Shinta telah menandatangani kontrak kerja dan mengikuti Lokakarya Dana Indonesiana di Jakarta 20-24 September 2022 lalu. Dibalik itu, Shinta juga memiliki 11 anggota tim.

Mereka adalah Aan Widhi Atma,MM., Titi Andriani,MT., Sutan Syahril,S.Sos., Yana Karisma,MA., M.Hidayatullah,MSc., Rodianto,M.Kom., Bayu Fajar Pratama,S.Kom. Ada pula Erwin Mardinata,MM.Inov., Tri Susilawati,MSi., Nora Dery Sofya,MM.Inov dan Nawassyarif,MPd.

“Kami berharap hasil penelitian ini nantinya, dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di sektor kebudayaan dan pariwisata,” jelas Shinta saat ditemui Tribunlombok.com, Selasa (4/10/2022).

Sebelumnya, Shinta sudah aktif dalam penelitian dalam bidang kebudayaan. Pada tahun 2018 Shinta pernah meraih Hibah Nasional Ristek Dikti dengan Judul Aplikasi Ensiklopedia Kebudayaan Sumbawa Berbasis Web. Di tahun 2019 juga meraih prestasi yang sama dengan judul Aplikasi Portal Oleh-oleh Khas Sumbawa pendanaan Ristek Dikti. Pada 2021 ia memperoleh hibah Program NECTION (One Lecture One Innovation) UTS dengan Judul Pengembangan Kamus Bahasa Sumbawa Indonesia Inggris.

Dengan diraihnya Hibah Dana Indonesiana, Shinta bersama tim nya akan menjalankan program mulai Oktober 2022-Juli 2023. “Selamat kepada Bu Shinta dan Tim, ini menjadi pencapaian yang tentunya membanggakan,” ujar Rektor UTS Chairul Hudaya Ph.D. Ia berharap program ini dapat benar-benar bermanfaat untuk masyarakat sesuai dengan visi misi Universitas Teknologi Sumbawa.

Share Now