FRS NEWS

Mahasiswi Fakultas Rekayasa Sistem UTS Virna Febri Andini dan Nurmala Raih Kemenangan di ONMIPA UTS 2023

Sumbawa | 11 April 2023, Dua mahasiswi dari Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Virna Febri Andini dan Nurmala, mereka berdua merupakan mahasiswa Program Studi Informatika Angkatan 2020, berhasil meraih kemenangan di ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) UTS tahun 2023. Virna memenangkan bidang Biologi sementara Nurmala menjadi pemenang bidang Matematika. Ini merupakan partisipasi pertama bagi Virna dan Nurmala dalam ONMIPA.

Kemenangan dua mahasiswi ini akan mengharumkan nama UTS di tingkat lokal, karena mereka akan mewakili kampus mereka ke tingkat wilayah Dikiti-VIII. Virna Febri Andini merupakan alumni SMAN 1 Sumbawa Besar dan semasa SMA ia mengambil jurusan MIA. Selama di sekolah, Virna sangat aktif dalam pembinaan olimpiade biologi dan club biologi. Pada saat sekolah, Virna pernah mengikuti BOC UTS dan O2SN, namun gugur di babak semifinal. Virna memilih untuk kuliah di UTS karena ia tertarik dengan banyaknya teman dari luar daerah, sehingga ia dapat mengembangkan diri lebih baik di tanah Sumbawa.

Meski Virna mengakui bahwa saingan terberatnya dalam bidang Biologi berasal dari program studi lain, ia tidak merasa tertekan. Sebaliknya, Virna berusaha untuk belajar lebih giat dan mengasah kemampuannya. Baginya, ONMIPA merupakan ajang yang menantang dan menarik, karena ia dapat mengembangkan wawasan dan keterampilannya di bidang biologi.

Sementara itu, Nurmala merupakan alumni Sekolah MAN ENDE dan jurusan IPA. Alasan Nurmala memilih UTS adalah karena faktor beasiswa dan banyaknya mahasiswa dari seluruh penjuru Nusantara yang belajar di UTS. Menurut Nurmala, pengalaman mengikuti ONMIPA kali ini sangat berkesan, meskipun ia mengalami kendala karena terlambat datang akibat hujan.

Nurmala berterima kasih kepada Allah SWT yang telah mempermudah urusannya, serta kepada orang tua yang selalu mendukungnya. Ia juga berterima kasih kepada pihak panitia ONMIPA yang memberikan kesempatan kepada Nurmala untuk mengikuti tes susulan selama satu jam, setelah ia terlambat datang pada tes awal. Nurmala berharap dapat lolos ke tingkat nasional untuk mewakili UTS.

Kemenangan Virna dan Nurmala dalam ONMIPA UTS menunjukkan bahwa Fakultas Rekayasa Sistem UTS memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan lulusan muda yang kompeten. Dekan Fakultas Rekayasa Sistem UTS, Mietra Anggara, M.T., menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang didapatakan.

“Selamat kepada kedua mahasiswi atas prestasi yang luar biasa. saya berharap kedua mahasiswi  dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.”

Prestasi Virna dan Nurmala juga memperlihatkan bahwa UTS semakin berkembang

Share Now