FRS NEWS

Mahasiswa Industri Raih Pengalaman Tak Terlupakan dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Tiga mahasiswa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa, Adrian Anwar, Asrul Ipandi, dan Rivhi Arilfiansyah, baru saja menyelesaikan program pertukaran mahasiswa merdeka yang diikuti di tiga institusi teknologi nasional yang berbeda di Indonesia. Adrian Anwar mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Institut Teknologi Nasional Malang dari tanggal 17 September 2022 – 30 Januari 2023, Asrul Ipandi mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Institut Teknologi Nasional Bandung dari tanggal 15 September 2022 – 24 Januari 2023, dan Rivhi Arilfiansyah mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Institut Teknologi Bandung dari tanggal 18 Agustus – 25 Desember 2022.

Dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini, ketiganya merasakan pengalaman yang tak terlupakan dan memperoleh banyak pengalaman belajar di luar negeri. Adrian Anwar merasa senang bisa mengenal keanekaragaman budaya, adat, dan tradisi dari teman-teman mahasiswa di seluruh penjuru nusantara. Ia juga menggali potensi dirinya selama satu semester di universitas lain dan membawa pulang beragam ilmu yang didapat untuk diinterpretasikan di almamater-nya, Universitas Teknologi Sumbawa.

Sementara itu, Asrul Ipandi terkesan dengan ramahnya senyum sapa dari masyarakat Sunda dan bimbingan hangat dari dosen dan mentor Modul Nusantara. Ia juga mengenal budaya-budaya baru yang tidak akan ia kenal tanpa mengikuti program ini. Selama satu semester berkuliah di ITENAS Bandung, ia bahkan pernah ikut menampilkan tarian Rama Sinta dengan iringan alat musik tradisional Sunda yang menjadi hal yang paling berkesan selama mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini.

Sementara itu, Rivhi Arilfiansyah banyak belajar tentang bagaimana menjadi mahasiswa rantauan, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dan saling menghargai perbedaan di Indonesia. Ia juga memperluas kenalan dan relasi dengan teman-teman dari seluruh daerah di Indonesia.

Program pertukaran mahasiswa merdeka ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan diri dan belajar di universitas terbaik di Indonesia. Teman-teman yang ingin mengikuti program ini disarankan untuk memperhatikan beberapa aspek penilaian sebelum menentukan kampus tujuan, seperti kondisi sosial dan biaya hidup di daerah yang dituju. Program ini memiliki semangat “Bertukar Sementara Bermakna Selamanya” dan sangat bagus untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri dan mengenal keanekaragaman budaya di Indonesia.

Share Now