FRS NEWS

MENINGKATKAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PT. REZZA USAHA MANDIRI (PT.RUM) DENGAN PENERAPAN K3 YANG EFEKTIF

Rezza Usaha Mandiri (RUM) merupakan perusahaan kontraktor dan suplier di pulau Sumbawa yang terpercaya, inovatif, dan berdaya saing global. Selain itu, PT. RUM salah satu perusahaan lokal yang memperoleh dukungan dari pemerintah Kabupaten Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat serta pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat demi meningkatkan kompetensi tenaga berpengalaman di wilayah Nusa Tenggara pada umumnya. PT.RUM bergerak untuk industri pertambangan, migas dan energi. Core business yang dijalankan oleh perusahaan ini terdiri dari Recondition / Re-Manufacturing, machining, fabrication, Colter Block dan Crankshaft, chrome plating, line boring, manpower, Supply Material / Procurement Of Goods, Rewending Pump Motor, Repair Cabin 793C, 24H & D11R Metal Spray & PTA, dan Installation Harness, Glasses, Wiring System & Electrical 793C, 24H & D11R

RUM memiiliki berbagai produk dan layanan yang berkualitas tinggi serta berkomitmen yang kuat terhadap kesehatan dan keselamatan kerja dan pembangunan daerah. Selain itu, PT. RUM berkomitmen untuk menyediakan tempat kerja yang sehat dan aman bagi pekerja, pemasok dan pelanggan dengan menerapkan program sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja sesuai dengan ISO 45001, ISO 14001 dan ISO 9001. Memahami pentingnya penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam operasionalnya bukan hanya kewajiban hukum, tetapi juga investasi penting bagi perusahaan. Penerapan K3 yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, sehingga berdampak positif pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Adapun dokumentasi proses magang di bagian pembubutan PT.RUM dapat dilihat sebagai berikut:

Perusahaan PT.RUM telah berkomitmen untuk menerapkan K3 secara menyeluruh dan terintegrasi dari semua aspek bisnisnya, seperti yang terjadi di lapangan perusahaan ini memiliki motto mengutamakan solat dan keselamatan kerja “Rum Bisa Rum Maju”. Selain itu, dibuktikan dengan berbagai langkah strategi yang telah diambil seperti:

  1. Melakukan safety talk setiap hari sebelum seluruh karyawan melakukan pekerjaan
  2. Menyediakan untuk seluruh karyawan terkait dengan alat pelindung diri (APD) seperti helm, sarung tangan, sepatu, kacamaata, earplug, dll agar selalu digunakan saat melakukan pekerjaan
  3. Setiap department dilapangan seperti machining, welding, painting dll dihimbau untuk membersihkan area kerja atau melakukan inpeksi setelah melakukan pekerjaan
  4. Menerapkan pengendalian risiko yang sesuai dengan nilai risiko yang terjadi

 

Dari upaya-upaya tersebut telah menunjukkan hasil yang positif pada perusahaan PT. RUM seperti:

  1. Penurunan angka kecelakaan kerja
  2. Peningkatan kesadaran karyawan akan pentingnya K3
  3. Meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan
  4. Memperkuat citra perusahaan sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap kesehatan dan keselamatan karyawannya.

 

Penerapan K3 yang efektif di PT. RUM menjadi contoh yang baik bagi perusahaan lain di Indonesia. Dengan komitmen dan upaya yang berlanjutan, K3 dapat menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien dan produktif bagi semua. Adapun tips-tips untuk meningkatkan K3 di perusahaan dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Libatkan semua pemangku kepentingan dalam proses penerapan K3, termasuk manajemen, karyawan dan perwakilan serikat pekerja
  2. Ciptakan budaya K3 yang positif diperusahaan dengan menekankan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja
  3. Lakukan komunikasi yang efektif tentang K3 pada seluruh karyawan
  4. Berikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dalam K3
  5. Terus belajar dan meningkatkan sistem K3 perusahaan

 

Dengan menerapkan K3 secara efektif, PT. Rezza Usaha Mandiri telah menunjukkan bahwa perusahaan dapat mencapai kesuksesan bisnis sambil tetap menjaga kesehatan dan keselamatan karyawannya. Dengan kepemimpinan yang kuat, program K3 yang menarik serta komitmen dari seluruh pihak perusahaan bisa menciptakan lingkungan kerja yang diinginkan. Ini pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan performa perusahaan secara keseluruhan.

 

  • Kesimpulan

Magang di bagian pembubutan merupakan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa dan pemula yang ingin meniti karir di bidang manufaktur terutama dibidang machining. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, mahasiswa dapat memaksimalkan pengalaman magang dan membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Share Now