FRS NEWS

PENGALAMAN MAGANG MAHASISWA UTS DI DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menawarkan program MBKM yang mencakup UTS Intership, sebuah program magang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah di luar kelas. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengalaman, pengetahuan, serta membentuk kompetensi yang akan menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, dan memiliki keterampilan yang luas.

Pada saat ini mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Rekayasa Sistem, Universitas Teknologi Sumbawa sedang melaksanakan program magang selama 59 hari di Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB merupakan salah satu unsur pelaksana pemerintah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Perindustrian yang menjadi kewenangan daerah provinsi dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah provinsi. Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki peran penting dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perindustrian yang meliputi penguatan struktur industri, peningkatan daya saing, pengembangan iklim usaha, promosi industri dan jasa industri, standardisasi industri, teknologi industri, pengembangan industri strategis dan industri hijau, pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan industri menengah, penyebaran dan pemerataan pembangunan industri, ketahanan industri dan kerja sama, serta peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB terdiri dari Kepala Dinas, Sekretaris dinas, Sekretariat dan 3 bidang serta kelompok Jabatan Fungsional. Adapun tugas dari masing-masing bidang sebagai berikut:

  1. Bidang sekretariat terbagi menjadi dua Subbagian yaitu subbagian umum dan kepegawaian dan subbagian perencanaan dan keuangan. Sekretariat dipimpin oleh sekreatriat dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggug jawab kepada Kepala Dinas, dan sekretariat dinas mempunyai tugas menyelenggarakan penyusunan perencanaan dan pelaporan, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian.
  2. Bidang Kerjasama, Pengawasan dan Promosi Investasi Industri, memiliki tugas yang dimana pejabat ini bertanggung jawab untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan di bidang Kerjasama, Pengawasan dan Promosi Investasi Industri. Pejabat ini juga bertanggung jawab untuk mengelola kepegawaian di bidang tersebu
  3. Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri, Dipimpin oleh Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, pejabat dibidang ini bertanggung jawab untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan di bidang Pembangunan Sumber Daya Industri. Pejabat ini juga bertanggung jawab untuk mengelola kepegawaian di bidang tersebut.
  4. Bidang Sarana, Prasarana,dan Pemberdayaan Industri, dipimpin oleh Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, pejabat bidang ini bertanggung jawab untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan di bidang Pembangunan Industri Kecil dan Menengah, Fasilitas Industri, Industri Hijau dan Standardisasi Industri, Pengelolaan Data dan Informasi Industri. Pejabat ini juga bertanggung jawab untuk mengelola kepegawaian di bidang tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan magang ini mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja, mulai dari alur surat-menyurat, menginput data-data SIINas, belajar mengakses SRIKANDI, menulis SPJ/RAB dinas, ikut berpartisipasi dalam kegiatan pangan murah dan mengikuti kegiatan-kegiatan sosialisasi baik secara langsung diruangan  maupun secara online melalui zoom meeting, serta ikut turun langsung melakukan pendampingan IKM.

PLH Kadisperin NTB Lalu Luthfi, M.Si menyatakan bahwa program magang ini adalah salah satu bentuk nyata kontribusi Disperin dalam mendukung pendidikan vokasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri. “Kami berharap melalui program PKL ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan praktis, keterampilan teknis, serta wawasan industri yang akan sangat bermanfaat bagi karir mereka di masa depan,” ujarnya.

Kami peserta magang mengucapkan rasa terimakasih kepada Dinas Perindustrian Provinsi NTB atas kesempatan magang yang telah diberikan kepada kami. Pengalaman yang kami dapatkan selama magang sangat berharga untuk persiapan karir dimasa yang akan datang. Selama proses magang kami merasa senang karena selama magang mentor serta pegawai yang ada di Dinas Perindustrian Provinsi NTB baik, ramah, dan sabar memberikan ilmu dan arahan, serta sudah menganggap kami sebagai bagian dari keluarga besar Dinas perindustrian Provinsi NTB.

[DOKUMETASI]

 

Share Now