FRS NEWS

PENGALAMAN TERBAIK MAGANG DI PT DAK DAN PERKAPALAN AIR KANTUNG LOMBOK TIMUR

Sebagai mahasiswa semester 6 yang sedang menempuh pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Nusa Tenggara Barat, tepatnya Universitas Teknologi Sumbawa. Pada semester genap ini mahasiswa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Sistem sedang melakukan kegiatan MBKM Batch delapan (8), salah satunya yaitu UTS internship mulai dari tanggal 26 Februari sampai dengan 31 Mei 2024. Saya merasa senang karena diberi kesempatan untuk melakukan magang di PT Dak dan Perkapalan Air Kantung Lombok Timur. Menjadi bagian dari perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan dan perawatan kapal.

Selama menjalani magang kurang lebih tiga bulan, kami terlibat langsung dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Mulai dari apel pagi, peninjauan proses kenaikan kapal, proses perawatan kapal sampai dengan proses penurunan kapal. Pengalaman yang kami dapatkan selama melakukan internship ini benar-benar membuat kami paham bahwa pentingnya kerja sama dan komunikasi yang baik pada saat bekerja.

Pada PT Dok dan Perkapalan air kantung lombok timur saya dapat mengetahui proses perbaikan kapal mulai dari proses kenaikan kapal atau penarikan kapal dari laut ke daratan, proses ini dilakukan kurang lebih selama 4 jam kerja. Proses penarikan kapal dimulai dengan mempersiapkan fasilitas docking pada jenis dan ukuran kapal. Pada tahap penarikan kapal dilakukan beberapa proses mulai dari persiapan, pemasangan dan penyanggaan. Pada tahap Persiapan  Docking ini Kapal diarahkan ke posisi yang tepat dengan bantuan tugboat, pada proses pemasangan Sistem winch, balon dan crane digunakan untuk penarikan kapal dan pada proses penyanggaan setelah kapal berada didarat digunakan balok untuk penyangga untuk memastikan kapal pada posisinya.

Adapun proses berikutnya yaitu perawatan dan Perbaikan kapal dimana pada proses ini kapal sudah berada di darat dan akan dilakukian serangkaian pemeriksaan dan perbaikan yang mencangkup beberapa perbaikan diantaranmya. Ada pembersihan lambung kapal bertujuan untuk menghilangkan karat dan organisme laut yang menempel. Selain itu, ada pembersihan struktur bertujuan untuk melihat kerusakan pada lambung, dek, dan struktur lainnya. Selanjutnya ada perbaikan bagian kapal seperti mengganti atau memperbaiki bagian-bagian yang rusak termasuk proporsi. Dan yang terakhir dilakuakn proses pengecatan, dilakukan pengecatan ulang untuk melindungi bagain kapal dari korosi.

Adapun beberapa tahapan pengerjaan pada body kapal, diantaranya yaitu, pembuangan teritip dilambung kapal dengan metode scrap, kemudian dilakukannya proses pembersihan dengan air tawar, selanjutnya dilakukan proses sanblasting pada lambung dan bottom kapal. Maka dilakukan Kembali pengecekan ketebalan plat dengan metode UT, setelah didapatkan hasil pengecekan maka dilakukannya pemotongan dan pemasangan plat baru, dilakukan pengetesan pengelasan, terakhir dilakukannya pengecatan akhir. Selanjutnya dilakukan proses pengecekan system propulsi antara lain sbb: Dilakukannya pengukuran poros propeller dan poros kemudiJika terdapat hasil pengukuran dibawah standar yang ditentukan BKI. Maka dilakukan perbaikan setelah mendapatkan ukuran dari poros propeller dan poros kemudi Pengecekan valve sea chest dan system pipa Dilakukan service atau perbaikan valve Dilakukan perbaikan pipa-pipa Adapun proses selanjutnya yaitu proses QC (kuality control), pada proses ini merupakan proses akhir dari pengerjaan kapal. Tujuan dilakukan kuality control yaitu memastikan bahwa semua pekerjaan sudah dilakukan dengan baik. Penurunan Kapal ke Laut. Setelah perbaikan selesai, kapal siap untuk diturunkan kembali ke laut, dengan memerhatikan beberapa tahapan proses penurunan kapal tersebut. Alat yang harus dipersiapkan yaitu balon, crane, winch, dan eksapator. Dilakukan sea trial kapal yang merupakan tahap akhir dari sebuah perbaikan kapal.

Selain itu juga, saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai proses perbaiakan hingga perawata kapal yang baik sesuai dengan kepuasan konsumen. Dimana kita belajar bagaimana proses kapal itu sendiri naik ke daratan, bahan/material seperti apa yang baik untuk perbaikan kapal, serta bagaimana agar konsumen merasa puas dengan hasil yang diperoleh.  Tidak hanya itu saja, selama program magang ini berlangsung kami bertemu dengan orang-orang yang memiliki pengalaman luas. Saya sangat bersyukur dapat belajar secara langsung  serta memberikan dorongan kepada kami mahasiswa magang untuk terus belajar tanpa kenal lelah.

Adanya program MBKM ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas semua pengalaman yang kami dapatkan di PT. Dak dan Perkapalan Air Kantung Lombok Timur. Pengalaman yang di berikan ini benar-benar menjadi modal berharga bagi kami semua sebagai mahasiswa yang akan terjun di dunia kerja. Kami sangat berharap dengan adanya kami semoga dapat membantu dan memberikan kontribusi yang baik pada PT. Dak dan Perkapalan Air Kantung Lombok Timur, serta kami dapat terus belajar dan berkembang menjadi insan yang lebih baik lagi.

Share Now