FRS NEWS

“KEGIATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI DALAM PROGRAM MBKM BATCH 8 DI PT SANTOSA UTAMA LESTARI MOYO”

Kami mahasiswa semester 6 yang sedang menempuh pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Nusa Tenggara Barat tepatnya di kabupaten Sumbawa, yaitu Universitas Teknologi Sumbawa. Pada semester genap ini mahasiswa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Sistem sedang melakukan kegiatan MBKM Batch delapan (8), salah satunya yaitu UTS intership yang di mulai dari tanggal 26 Februari sampai dengan 14 Juni 2024.

PT. Santosa Utama Lestari (Vasham) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan hasil pertanian yaitu pengeringan jagung. Bisnis Vasham dimulai dari menyediakan pembiayaan dan pembinaan kepada petani-petani di pulau Sumbawa. Saat ini Bisnis Vasham lebih berfokus kepada Trading Jagung dan mengembangkan bisnis pertanian yang terintegrasi secara vertikal. Kami bersyukur diberi kesempatan untuk melakukan magang intership di PT. Santosa Utama Lestari unit Moyo dan dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu dari mata kuliah yang telah diampuh sebelumnya serta kami diberikan kepercayaan untuk terjun langsung dalam proses pengolahan jagung.

Adapun proses produksi pengolahan jagung dimulai dari pembongkaran ke intake menuju Wet Silo kemudian dijalankan menuju dryer yang dimana di sinilah proses pengeringan dengan bantuan panas dari tungku guna untuk menurukan kadar air jagung, kemudian jagung dijalankan menuju Dust collector yang mana disinilah proses pembersihan terakhir jagung sebelum distoring menuju continuous weigher (CW) kemudian setelah jagung ditimbang jagung akan dimasukkan kedalam silo, yang mana terdapat 4 silo yaitu silo A,B,C dan D.

Selama menjalani magang kurang lebih tiga bulan, kami terlibat langsung dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Mulai dari briefing pagi, membantu melakukan maintenance mesin, melakukan pengambilan sampel, pengecekan suhu silo, penginputan data, pengecekan listrik harian sampai pengarsipan data. Pengalaman yang kami dapatkan selama melakukan internship ini benar-benar membuat kami paham bahwa pentingnya kerja sama dan komunikasi yang baik di dunia kerja.

Selain itu juga, kami mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai kualitas jagung yang baik sesuai dengan kebutuhan supplier. Dimana kita juga belajar cara pengecekan kadar air, aflatoksin, biji jamur, biji mati, biji lubang, biji pecah, biji putih, warna dan benda asing (kotoran) yang di sebut dengan 9 parameter yang sudah disesuaikan dengan standar perusahaan dan menjaga kualitas jagung sampai ditangan penerima (supplier).

Tidak hanya itu saja, selama intership kami bertemu dengan orang-orang yang memiliki pengalaman luas dibidangnya masing-masing. Sehingga kami sangat bersyukur dapat belajar langsung kepada ahlinya dan memberikan dorongan kepada kami mahasiswa intership untuk terus belajar.

Adanya program MBKM ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas semua pengalaman yang kami dapatkan di PT. Santosa Utama Lestari unit Moyo. Pengalaman yang di berikan ini benar-benar menjadi modal berharga bagi kami semua sebagai mahasiswa yang akan terjun di dunia kerja. Kami sangat berharap dengan adanya kami semoga dapat membantu dan memberikan kontribusi yang baik pada PT. Santosa Utama Lestari unit Moyo.

Share Now